techshoutme.com - PANDUAN MENULIS ARTIKEL YANG SEO FRIENDLY

PANDUAN MENULIS ARTIKEL YANG SEO FRIENDLY BAGI PEMULA

Panduan Menulis Artikel yang SEO Friendly bagi Pemula! Untuk menghasilkan tulisan yang bisa menembus halaman pertama pada pencarian google tentu tidak mudah. Namun hal ini bukan tidak mungkin untuk dipelajari. Bahkan bagi seorang pemula yang masih awam mengenai dunia literasi juga bisa mempelajarinya. Sebuah artikel bisa  dikategorikan sebagai artikel yang bagus apabila dibaca sampai tuntas dan direkomendasikan untuk dibaca oleh pengguna internet lain. Selain itu, pembaca juga merasa puas dengan isi artikel tersebut sehingga merasa tidak perlu mencari artikel lain dengan topik yang sama. Berikut beberapa hal yang perlu dipelajari oleh penulis pemula sebelum menulis artikel :

PANDUAN MENULIS ARTIKEL YANG SEO FRIENDLY

Lebih Mengutamakan Pengalaman Pengguna (User Experience)

Panduan Menulis Artikel yang pertama adalah amati aktivitas pengguna pada saat menjelajah di website/blog, artikel apa yang dibaca, berapa lama membacanya dan apa responnya terhadap artikel tersebut. Dengan kata lain, semakin lama pengguna internet berada pada suatu website/blog, dan semakin betah mereka berada disana bisa diartikan sebagai semakin berkualitas isi website tersebut. Beberapa hal yang mempengaruhi user experience adalah desain yang profesional, ukuran font yang mudah dibaca, memperhatikan ejaan dalam penulisan supaya tidak banyak kesalahan dan kecepatan loading.

Pemilihan Kata Kunci atau Keyword yang Tepat

Langkah kedua panduan menulis artikel yang SEO friendly bagi pemula adalah dengan menentukan kata kunci yang tepat pada artikel yang akan ditulis. Sesuaikan kata kunci tersebut dengan kata kunci yang kemungkinan akan sering dipakai oleh pengguna internet. Jika perlu, Riset keyword dengan menggunakan google planners atau tools yang lainnya. Hal ini bermanfaat bagi penulis agar mendapatkan keyword yang berkualitas dan banyak dicari oleh pengguna internet.

Sisipkan Keyword pada Judul Artikel

Usahakan keyword yang SEO friendly diletakkan di awal kata pada judul artikel, karena semakin posisinya berada di sebelah kiri (awal kata) semakin baik pula nilai keyword tersebut di mata google. Kenapa harus memaksimalkan keyword pada judul artikel? karena sama halnya dengan pembaca, google tidak akan dapat menebak tema artikel jika keyword yang digunakan tidak diposisikan dengan tepat. Selain itu, jangan lupa untuk membuat judul yang bisa membuat pengguna internet menjadi tergerak untuk membaca isi artikel pada website.

Tulis Artikel Secara Lengkap

Untuk panduan menulis artikel berikutnya adalah menulis artikel secara lengkap. Semakin lengkap isi artikel yang ditulis, akan semakin menarik minat pembaca untuk terus membaca artikel sampai akhir. Bukan hanya pembaca, bahkan google juga akan merasa kecewa jika artikel tidak ditulis dengan lengkap. Walaupun demikian, yang dinilai bukan hanya banyak sedikitnya jumlah kata yang ada pada artikel, namun yang diperhitungkan adalah isi dari artikel itu sendiri. Oleh karena itu, tulislah artikel secara runtut, padat dan komplit. Selain memilih kata kunci yang tepat dan penulisan artikel yang lengkap, usahakan artikel tersebut bebas plagiat. Batas persentase plagiat yang ditoleransi adalah sebesar 20% atau minimal 80% bebas plagiat.

Periksa Tata Bahasa dan Ejaan

Hal yang tidak boleh diabaikan sebagai salah satu panduan menulis artikel adalah untuk selalu memeriksa tata bahasa dan ejaan pada artikel sebelum artikel tersebut di upload di website. Usahakan untuk mengecek ulang dengan cara membacanya lagi, baik dengan suara pelan maupun dengan suara keras. Kalau perlu ambil jeda selama beberapa jam atau bahkan biarkan apa yang kita tulis menginap selama sehari. Besoknya coba dibaca lagi dengan perlahan. Dengan begitu bisa mengurangi kesalahan penulisan pada artikel.

Sebagai gambaran panduan menulis artikel yang SEO friendly bagi pemula agar bisa berada di halaman pertama google, kita ambil contoh website bisnis online hijab yang berada di Surabaya, maka penulis harus bisa memilih kata kunci yang paling sering muncul di google pada saat pengguna internet melakukan pencarian keyword, misalkan hijab syari murah. Sedangkan judul yang dipilih adalah hijab syari murah di surabaya. Usahakan pada tiap paragraf diselipkan keyword tersebut diatas, lalu tulis artikel yang berisi tentang manfaat dari menggunakan hijab syari, motif dan warna yang tersedia, lokasi  pengiriman hijab tersebut dan kalau perlu berikan informasi mengenai diskon untuk pembelian dengan jumlah tertentu. Jangan lupa sertakan foto hijab yang bagus dan menarik agar tulisan tampak semakin hidup dan bisa menuju ke arah penjualan.

Yang dimaksud dengan artikel yang SEO friendly adalah artikel yang judulnya memiliki kata kunci yang bisa membuat artikel tersebut masuk di halaman pertama pencarian google. Dengan panduan menulis artikel yang SEO friendly bagi pemula, diharapkan para penulis bisa menghasilkan karya yang mampu menembus halaman pertama pencarian google. Tentu hal ini bisa dicapai jika informasi yang berharga ini dipraktekkan dalam menulis artikel.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *